Komisi III DPRD Tebo Cek Lokasi Limbah, Pihak PT RAU Berupaya Arahkan ke Tempat Lain

Foto Waka II DPRD Tebo Syamsu Rizal Pertanyakan Limbah ke GM PT RAU Bibit Sembiring

ARSYNEWS.id, TEBO - Komisi III DPRD Tebo kesal dengan management PT Rigunas Agri Utama (RAU), ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Terkait limbah PT Rigunas Agri Utama (RAU) yang mengalir ke sungai lawan hingga ke sungai Sumay. Pasalnya, pihak perusahaan tidak koperatif dalam memberikan informasi terkait lokasi limbah.

Wakil ketua (Waka) II DPRD Tebo Syamsu Rizal mengatakan, kedatangan komisi III tidak mencari-cari kesalahan, hanya saja masyarakat jangan dirugikan, perusahaan teruslah beroperasi.

"Kita hanya ingin melihat faktual saja, bukan mencari-cari kesalahan" Ungkapnya, Rabu (18/08/2021).

Awalnya, Komisi III DPRD dan kordinatornya Syamsu Rizal datang ke kantor PT RAU untuk menemui management, dan pihak management menyambut baik kedatangan Komisi III. 

Namun, ketika mengecek ke lapangan, pihak perusahaan mengarahkan ke sungai sumay dan ketika dilihat lokasi dengan foto dan video di media sosial (Medsos) tidak sesuai. Usai dari sana, pihak dari PT RAU mengajak komisi III ke lokasi muaro sungai lawan dan tidak ditemukan limbahnya.

Waka II DPRD Tebo tetap berkeras untuk menuju lokasi limbah. Namun pihak perusahaan mengarahkan ke tempat yang lain. Komisi III DPRD Tebo tidak mau mengikuti pihak perusahaan. 

Hasilnya, anggota DPRD Tebo mencari lokasi dibantu salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM) pemerhati lingkungan menuju titik lokasi menggunakan GPS.

Ternyata, aliran cairan limbah yang mengalir ke sungai telah diperbaiki namun tidak sempurna. Sehingga masih ada yang mengalir ke sungai.

Sementara General manager Bibit Sembiring mengaku, aliran limbah terjadi sekitar 2 bulan lalu, dan berjanji akan segera memperbaikinya.

"2 bulan la, limbah mengalir. Akan segera kami perbaiki agar tidak mengalir ke sungai" ujarnya.

Ia berkilah, telah dibuat tanggul namun karena keadaan alam seperti hujan, membuat limbah meluap hingga mengalir ke sungai.

Syamsu Rizal menambahkan, perbaikan harus dilakukan dan januari tahun 2022 semua telah selesai. (Red_Arn)



 

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar