Komisi II DPRD Tebo Gelar RDP, Selesaikan Permasalahan Kompensasi antara BHL Koperasi UB dan PT TPIL

 

Foto : Rapat RDP Komisi II DPRD Tebo Bersama Perwakilan BHL, PT TPIL, Koperasi UB dan Pemkab Tebo

ARSYNEWS.id, TEBO - Komisi II DPRD Tebo menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara perwakilan Buruh Harian Lepas (BHL) dari Koperasi Usaha Bersama (UB) dengan perusahaan Tebo Plasma Inti Lestari (TPIL), pada Selasa (14/05/2024) yang digelar di ruang Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Tebo.

RDP sendiri dipimpin sekretaris komisi II DPRD Tebo Ihsanudin di dampingi anggota komisi, dihadiri perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo diantaranya, Asisten II Setda Tebo Joko, Kadis Perkebunan dan Perikanan Rafiq, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mardiansyah dan lainnya.

Dalam RDP ini, perwakilan dari BHL koperasi UB, Mukmin mengatakan, jika maksud dan tujuan emak-emak BHL datang ke DPRD Tebo untuk di fasilitasi menuntut hak kompensasi dari pihak perusahaan dan juga koperasi.

"Sekitar 190 BHL dari koperasi UB meminta agar perusahaan dan koperasi mengeluarkan kewajiban membayarkan kompensasi," ungkapnya.

Menurutnya, BHL telah lama mengeluhkan hal ini. Karena pihak dari perusahaan dan juga koperasi tidak kunjung membayarkan kewajibannya kepada BHL. Sedangkan, kompensasi yang diterima masing-masing BHL bervariasi sesuai masa kerjanya.

Sementara itu, manager perusahaan PT TPIL, Helon Lumban Gaol mengatakan, pihak perusahaan siap untuk membayarkan kewajiban kompensasi. Bahkan setelah dihitung sekitar Rp 2 miliyar lebih. Uang tersebut, bukan 100 persen dibayarkan dari perusahaan melainkan dibagi dua dengan koperasi UB.

"Kita akan bayarkan bersama koperasi UB 50:50," janjinya.

Sementara itu, pimpinan rapat Ihsanudin meminta kepada pihak perusahaan dan juga koperasi untuk membayarkan paling lama akhir bulan Mei atau awal bulan Juni mendatang. Jangan sampai, kewajiban untuk membayarkan kompensasi ini kembali tertunda-tunda. (Red_Arn)

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar