Bersama Dinas Peternakan Bungo, Kapolres Cek Kesehatan Ternak PT CAS

Foto : Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro Bersama Warga Sekitar Beri Minum Susu kepada Anak Kambing

ARSYNEWS.id, BUNGO - Demi mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di PT Citra Alam Semesta (CAS) yang terletak di simpang kemini, Kecamatan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo. Dinas Peternakan Kabupaten Bungo bersama Polres Bungo melakukan pengecekan kesehatan ternak, pada Senin (16/05/2022).

Saat dilakukan pemeriksaan, tidak ditemukan ternak yang terjangkit PMK. Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro mengatakan upaya ini dilakukan, sebagai antisipasi PMK yang dapat menyerang hewan ternak, dimana sudah terdeteksi di Sijunjung  Sumatera Barat (Sumbar) dan Linggau Sumatera Selatan (Sumsel).

“Maka dari itu upaya yang kita lakukan bersama Dinas Peternakan Bungo terkait Isu PMK pada hewan berkuku belah sapi dan kambing dengan pemberian suntikan vitamin hewan ternak di Wilayah Hukum Polres Bungo,” Ungkapnya

Ia mengaku, hewan ternak di PT CAS ini sebelum masuk peternakan, telah melewati tes serta uji sampel Darah guna menghindari penyebaran penyakit hewan berkuku dua. Sedangkan total ternak di kandang PT CAS berjumlah  35 ekor sapi.

Lebih lanjut, AKBP Guntur Saputro mengatakan, selain milik PT CAS, Dinas Peternakan Bungo juga mampir ke peternakan milik warga mengecek hewan ternak apakah ada indikasi serta ciri – ciri hewan yang terpapar virus PMK.

Dari hasil pengecekan tidak ditemukannya ciri – ciri hewan yang mengidap PMK,. Ia meminta kepada pihak PT CAS dan masyarakat Bungo untuk memberikan vitamin yang disuntikan kepada hewan ternak, guna untuk meningkatkan mobilitas imun tubuh pada hewan agar dapat terhindar dari penyebaran Penyakit PMK tersebut (Red_Arn)
 

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar