Pemkab Tebo Rapat Pengajuan Status Siaga Karhutla dari BPBD

 

Foto : Rapat Siaga Karhutla di Ruang Rapat Sekda Tebo

ARSYNEWS.id, TEBO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo menggelar rapat membahas pengajuan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang di sampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tebo di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Tebo.

Rapat langsung dipimpin asisten I Sekda Tebo Amsiridin dan di hadiri oleh Dandim 0416 Bute Letkol Arianto Maskare Subagio, Kapolsek Tebo Tengah AKP Dedi Tanto Manurung, Kepala Kantor (Kalak) BPBD Tebo Sulaiman, Sekretaris Manggala Agni Daops Sumatera XII/ Muara Tebo dan juga perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Kalak BPBD Tebo Sulaiman mengatakan, landasan pengajuan status Karhutla dari waspada menjadi siaga, karena ditemukan 48 titik hotspot di Kabupaten Tebo dan juga rekomendasi Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jambi.

"48 titik hotspot terdapat di Kecamatan Sumay, Kecamatan Muara Tabir, Kecamatan Tengah Ilir dan Tebo Tengah," ungkapnya, Kamis (16/06/2022).

Selain itu, ia menganjurkan untuk melakukan gelar Apel Siaga Karhutla dalam waktu dekat dengan diikuti oleh pihak terkait, dengan Komandan Satgas Karhutla langsung dipimpin Dandim 0416 Bute Letkol Infanteri Arianto Maskare Subagio

Sementara itu, Dandim 0416 Bute Letkol Infanteri Arianto Maskare Subagio menyetujui, pengajuan yang disampaikan BPBD Tebo, karena masih banyak ditemukan pembukaan lahan secara tradisional dengan cara dibakar oleh oknum-oknum tertentu. Bahkan, pihak perusahaan ada juga lahan konsensinya yang terbakar.

Sedangkan, Sekretaris Daops Sumatera XII/ Muara Tebo Yulis mengaku, jika personil manggala agni telah meningkatkan kewaspadaan Karhutla dengan meningkatkan patroli rutin dan juga menyiapkan sarana untuk pemadaman. (Red_Arn)

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar