Dinsos P2PA Tebo Beri Solusi kepada Pasien KAT Talang Mamak yang Kesulitan Biaya

 

Foto : Kadis Dinsos P2PA Tebo Kunjungi Pasien KAT Talang Mamak di RS STS Tebo

ARSYNEWS.id, TEBO - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2PA) Kabupaten Tebo mengunjungi warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) suku talang mamak, di Rumah Sakit (RS) Sultan Taha Saipuddin (STS) Tebo pada Rabu (15/05/2024).

Plt Kadis Dinsos P2PA Kabupaten Tebo Azra'i mengatakan, mendapatkan informasi dari pihak RS STS Tebo, jika ada warga KAT suku talang mamak dalam perawatan di ruang rawat inap. Karena menderita TB Paru. Kesulitan dalam pembiayaan di RS, sehingga Dinsos P2PA Kabupaten Tebo menunjuk perwakilan untuk mengecek dan meminta data pasien.

Setelah dilakukan pengecekan, ternyata pasien atas nama nyonya muda pernah terdaftar di Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Provinsi Jambi dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) juga masih aktif.

Namun, sekarang Pemprov Jambi telah memperbarui data, dan nyonya muda tidak lagi masuk Jamkesda Provinsi Jambi. Hal ini disebabkan, Pemprov Jambi memperbarui data berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sedangkan anggota keluarga lainnya, di dalam Kartu Keluarga (KK) masuk kedalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah pusat. Untuk itu, ia meminta kepada perangkat Desa Suo-suo untuk mengusulkan nama nyonya muda masuk kedalam DTKS agar Kabupaten bisa meneruskan ke Kemensos RI.

"Kita membantu menangguhkan biaya perawatan nyonya muda berdasarkan permohonan dari pihak keluarga, karena saat ini statusnya mandiri. Namun Dinsos P2PA Tebo telah mengurusnya agar masuk dalam BPJS yang dibayarkan oleh pemerintah," tutupnya. (Red_Arn)

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar