Sumay Punya Potensi Wisata Kelas Dunia, Ini yang Dilakukan Pemkab Tebo

 

Foto : Dokumentasi

ARSYNEWS.id, TEBO - Kecamatan Sumay Kabupaten Tebo punya potensi destinasi wisata kelas dunia. Berikut beberapa project destinasi didalam bentang Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) yang dilirik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo.

Berdasarkan informasi yang dirangkum Bappeda dan Litbang Kabupaten Tebo, Kecamatan Sumay memiliki banyak potensi wisata yang ada, diantaranya koridor gajah, penangkaran orang utan, TNBT, situs candi tertua, komunitas adat terpencil, dan banyak lagi lainnya. Beberapa project plan untuk memebenahi sektor wisata sudah jauh hari dilakukan dan saat ini sudah masuk dalam rencana pembangunan dan pengembangan.

Rencana tersebut diperkuat dengan penjelasan yang disampaikan, PJ Bupati Tebo Aspan. Dirinya memastikan dana inpres jalan yang sebelumnya diajukannya sebesar Rp 250 miliyar melalui APBN sebagian bakal segera direalisasikan dalam tahun 2023 ini.

Kepastian realisasi dana inpres tersebut ditegaskan oleh PJ Bupati Tebo Aspan kepada sejumlah wartawan di Rumah Dinas Bupati, Kamis (02/03/2023).

Aspan menjelaskan, terkait inpres jalan adalah merupakan kebijakan pemerintah pusat.

"Ada beberapa kriteria yang disampaikan diantaranya adalah untuk mendukung lancarnya dari pusat-pusat produksi dan kemudian objek wisata. Kita kemarin sudah fokuskan dana inpres jalan tersebut untuk pembangunan jalan ke koridor gajah dan jalan menuju wisata candi yang terletak di kecamatan sumay," terang Aspan meyakini.

"Insyaallah untuk Kabupaten Tebo akan mendapatkan anggaran yang lebih dari kabupaten - kabupaten lain. Yang itu sudah pasti, di koridor gajah dan candi kecamatan sumay, realisasinya bulan April ini insyaallah sudah lelang," timpal aspan.

Sementara itu Kadis PUPR Tebo Hendrinora membenarkan apa yang disampaikan PJ Bupati Tebo Aspan. Kendati demikian, dirinya belum bisa merincikan beberapa jumlah anggaran dan panjang jalan 2 lokasi wisata tersebut.

"Sedang dalam proses perhitungan," jelasnya. (Red_Arn).

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar