Cegah Kanker Serviks, Belasan Siswi Kelas 5 SDN 18 Tebo Disuntik Vaksin HPV

 

Foto : Siswi kelas V SDN 18 Disuntik Vaksin HPV

ARSYNEWS.id, TEBO - Demi mengantisipasi kanker serviks sejak dini, Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Muara Tebo melakukan penyuntikan vaksin Human Papillomavirus Kuadrivalen (HPV) ke siswi SD N 018 Kabupaten Tebo.

Bidan Puskesmas Muara Tebo Tika mengatakan, penyuntikan kepada siswi kelas 5 ada 15 orang. Sedangkan penyuntikan serentak dilakukan pada selasa 8 Agustus 2023 lalu, hal ini sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat

"Khusus di Kecamatan Tebo Tengah ada 414 orang dari 37 SD dengan sasaran kelas 5," ungkapnya, Rabu (09/08/2023) saat dikonfirmasi di SDN 18 Kabupaten Tebo.

Diakuinya, belum ada laporan dari siswi yang telah disuntik vaksin HPV, efeknya hanya pegal-pegal di bekas tangan yang disuntik vaksin.

Pada tahun selanjutnya, sasaran penyuntikan vaksin HPV kelas 5 dan 6. Pasalnya, penyuntikan vaksin harus dilakukan secara berturut-turut.

"Karena tahun ini pertama, makanya dilakukan penyuntikan pada kelas 5 saja. Jika kelas 6 juga, tentu akan kesulitan untuk mendata siswi pada tahun depan karena mereka sudah SMP,"  pungkasnya. (Red_Arn)

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar