Bupati Tebo Tawarkan ini Kepada Penambang Ilegal?


Bupati Tebo Sukandar

ARSYNEWS.id, TEBO - Bupati Tebo Sukandar mengaku, ada yang menarik dalam rapat kordinasi (Rakor) yang membahas penanganan penambangan emas tanpa izin (PETI). Diantaranya dari laporan Kapolres Tebo AKBP Gunawan Tri Laksono, jika masyarakat yang mempunyai tanah sengaja mengizinkan tanahnya di tambang oleh penambang yang mencari emas.

"Warga perbolehkan tanahnya di garap penambang yang mencari emas, dan nantinya ada pembagian hasil" Ungkap, Sukandar, Senin (08/03/2021).

Ia jelaskan, pihak Polres Tebo sedang melakukan pendataan jumlah penambang ilegal di Kabupaten Tebo ini. Pasalnya, pemerintah kabupaten (Pemkab) Tebo merencanakan akan memberikan stimulus kepada penambang ilegal. Sedangkan uang yang akan di berikan bukan dari dana Pemkab. Melainkan dana corporate social responbility (CSR) dari Bank dan juga perusahaan.

Sedangkan, wacana itu tentu perlu pengkajian lebih dalam lagi. Jika hal itu dilakukan, Pemkab akan meminta aparat penegak hukum (APH) untuk menindak pelaku dan juga warga yang sengaja membiarkan tanahnya di garap penambang.

Bukan hanya itu, penambang juga akan di berikan pilihan subsidi bibit tanaman ataupun ikan, jika mereka mau beralih pekerjaan dari penambang ilegal menjadi petani ataupun peternak.

"Kita akan berikan subsidi kepada penambang yang ingin beralih ke pekerjaan lain seperti petani dan peternak" Pungkasnya. (Red_Arn)


Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar