Hasil Dugaan Pencemaran Sungai Remaji Telah Keluar, DLH dan Perhubungan Tebo Tetap Minta PT NAR Tindaklanjuti Rekomendasi Komisi III DPRD Tebo

Foto Kolam Penampung Limbah Stockfile PT NAR

ARSYNEWS.id, TEBO - Hasil uji dugaan pencemaran sungai yang dilakukan PT Natural Artha Resource (NAR) telah keluar, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan menyatakan jika tidak terjadi pencemaran Sungai Remaji yang terletak di dekat PT NAR, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo.

Kabid Pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup Deriansyah mengatakan, ada 12 item yang di uji dari Sungai Remaji, tidak satupun yang melebihi baku mutu.

Ia jelaskan, dari 12 item yang paling disoroti 5 item yaitu Ph, TSS, Fe, Besi dan Mangan. Karena, item ini biasanya akan terjadi peningkatan yang disebabkan oleh limbah Batubara. Namun nyatanya, tidak ada satupun yang melebihi baku mutu.

"Lokasi Batubara jauh dari stockfile milik PT NAR" Ungkapnya, Selasa (31/08/2021).

Jarak antara, letak stockfile dan Sungai Remaji sekitar 5 Km, di duga karena jauhnya antara stockfile dan Sungai Remaji, membuat limbah mengendap jelang limbah masuk ke Sungai.

Meskipun demikian, pihak PT NAR tetap harus membenahi kolam penampungan mereka jelang limbah di buang ke sungai. Dan juga mereka, harus menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan Komisi III DPRD Tebo ketika melakukan inspeksi mendadak (Sidak) beberapa minggu lalu. (Red_Arn)

Tags :

bm
Created by: arsynews

www.arsynews.id | Informasi Terkini

Posting Komentar